Mesin komputer akan memiliki nilai apabila bisa
berinteraksi dengan dunia luar. Lebih dari itu, komputer tidak akan berfungsi
apabila tidak dapat berinteraksi dengan dunia luar. Ambil contoh saja,
bagaimana kita bisa menginstruksikan CPU untuk melakukan suatu operasi apabila
tidak ada keyboard. Bagaimana kita melihat hasil kerja sistem komputer bila
tidak adamonitor.Keyboard dan monitor tergolong dalam perangkat eksternal
komputer.
Perangkat eksternal yang dihubungkan modul I/O seringkali
disebut perangkat peripheral, atau untuk mudahnya disebut peripheral.
Sistem komputer tidak akan berguna tanpa adanya peralatan
input dan output. Operasi-operasi I/O diperoleh melalui sejumlah perangkat
eksternal yang menyediakan alat untuk pertukaran data di antara lingkungan luar
dengan komputer. Perangkat eksternal dihubungkan dengan komputer oleh suatu
link dengan modul I/O
Link digunakan untuk pertukaran kontrol, status, dan data
antara modul I/O sering kali disebut sebagai perangkat peripheral, atau untuk
mudahnya disebut peripheral.
Klasifikasi
Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi
3 katagori :
1. Human Readable
yaitu
perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer. Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer.
Contohnya: monitor, keyboard, mouse,
printer, joystick, disk drive.
2. Machine readable
yaitu
perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor dan
tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atau sistem. cocok untuk
berkomunikasi dengan peralatan.
3. Communication
yatu
perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Misalnya: NIC dan modem. cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat jarak
jauh.
Interface ke modul I/O adalah dalam bentuk signal-signal
control, status dan data.
Cara Kerja Secara Umum
Perangkat eksternal dihubungkan dengan komputer oleh
suatu link dengan modul I/O. Link digunakan untuk pertukaran control, status
dan data antara modul I/O dengan perangkat eksternal.
Data berbentuk sekumpulan bit untuk dikirimkan ke modul
I/O atau diterima dari modul I/O. Control Signal menentukan
fungsi-fungsi yang akan dilakukan perangkat, seperti mengirimkan data ke modul
I/O (INPUT atau READ), menerima data dari modul I/O (OUTPUT atau WRITE), report
status, atau membentuk fungsi control tertentu ke perangkat. Signal
status menandai status perangkat. Misalnya READY/NOT READY untuk
menunjukan kesiapan perangkat untuk mengirimkan data.
Control logic berkaitan
dengan perangkat yang mengontrol operasi perangkat dalam memberikan respons
yang berasal dari modul I/O. Transducer mengubah data dari energi
listrik menjadi energi lain selama berlangsungnya output dan dari bentuk energi
tertentu menjadi energi listrik selama berlangsungnya input. Umumnya, suatu
buffer dikaitkan dengan transducer untuk menampung sementara data yang
ditransfer di antara modul I/O dan dunia luar. Ukuran buffer yang umum adalah 8
hingga 16 bit.
Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah
merubah perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami
oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam
bentuk yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer
yaitu dengan kode-kode binary (binary encoded information). Perangkat input
dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan
perangkat input tidak langsung. Perangkat input langsung yaitu input yang
digunakan langsung diproses di CPU, tanpa melalui media lain. Sedangkan
perangkat input tidak langsung adalah input yang dimasukkan tidak langsung dip
roses di CPU.
Koneksi
Perangkat eksternal dapat dipasang melalui saluran, port,
atau colokan tertentu. Pada komputer PC, saluran ini biasanya adalah saluran
serial, saluran paralel, saluran USB, dan saluran PCMCIA. Dalam beberapa
aplikasi, misalnya untuk menggabungkan dengan telepon seluler, dapat juga
digunakan saluran inframerah (IrDA).
Tujuan Communication Synchronization adalah agar
data yang dikirimkan dapat ditafsirkan (dimengerti) oleh penerima dengan
tepat dan benar.
Fungsi sinkronisasi:
• Agar penerima mengetahui dengan tepat dan benar apakah
sinyal yang diterima merupakan bit dari suatu data (sinkronisasi bit).
• Agar penerima mengetahui dengan tepat bit data (data
bit) yang membentuk sebuah karakter (sinkronisasi karakter).
Perangkat-perangkat komunikasi memungkinkan komputer
untuk saling bertukar data dengan perangkat jarak jauh, yang mungkin berupa
perangkat human-readable, serperti terminal, perangkat mesin readable, atau
bahkan komputer lainnya.
Port Komputer
Port komputer hardware berfungsi sebagai antarmuka sebuah
komputer dengan komputer atau device lain.
Port serial
jenis ini mengirim dan menerima data 1 bit pada saat
melalui kabel tunggal.
Digunakan antara lain : LCD
Port Paralel
Dapat mengirim dan menerima sejumlah bit data pada satu
saat melalui satu set kabel.
Universal Serial BUS
Pengembangan dari port serial. Sejumlah vendor dari
devais standar seperti mouse dan printer telah beralih ke USB. USB lebih
memudahkan berkoneksi, plug and play, dirancang tidak bergantung kepada
expansion slot, bila dipasang copot, tidak perlu me-reboot komputer.
USB hub
Sebuah USB hub selain dapat menampung sejumlah device,
juga dapat menampung sejumlah USB hub.
PCMCIA
Alat yang digunakan untuk
menghubungkan komputer laptop (note book) dengan jaringan kabel , contohnya: 3
com.pcmcia ini sangat berguna sekali bagi pengguna note book agar terhubung
dengan jaringan komputer.
Hub\Switch
Alat yang digunakan untuk
menghubungkan kabel-kabel pada sebuah jaringan komputer. jadi hub ini berfungsi
sebagaikonsentrator dari sebuah jaringan selain itu, hub juga berfungsi untuk
mengatur arus data yang masuk dan keluar server, bisa di ibaratkan hub ini
seperti lampu lalulintas, bila tidak ada lampu lalulintas, dapat dipastikan
banyak terjadi kemacetan atau tabrakan, ini pula dapat terjadi pada jaringan.
Nir Kabel
Bluetooth, Infra merah, wireless, dll
1.
Peripheral
Input
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu:
1. Typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut:
• Back Space
Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor.
• Caps Lock
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan
menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar
atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi
kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu
menu.
• End
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir
baris/halaman/lembar kerja
• Enter
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan
suatu proses perintah.
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan
buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di
Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
e.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy
atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital
Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi
lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan
sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B,
tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
f.
Touchscreen
Touchscreen atau Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang juga berfungsi sebagai perangkat input. Layar ini bersifat sensitif terhadap tekanan, pengguna berinteraksi dengan komputer dengan menyentuh gambar atau kata-kata yang berada di layar dengan jari tangan. Touchscreens juga dapat merasakan objek pasif lainnya, seperti stylus. Touchscreens dapat kita jumpai pada perangkat seperti konsol game, komputer tablet, dan smartphone.
Touchscreen atau Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang juga berfungsi sebagai perangkat input. Layar ini bersifat sensitif terhadap tekanan, pengguna berinteraksi dengan komputer dengan menyentuh gambar atau kata-kata yang berada di layar dengan jari tangan. Touchscreens juga dapat merasakan objek pasif lainnya, seperti stylus. Touchscreens dapat kita jumpai pada perangkat seperti konsol game, komputer tablet, dan smartphone.
g.
WebCam
WebCam (singkatan dari web camera ) merupakan jenis kamera yang ditujukan untuk kebutuhan layanan berbasis web, seperti program instant messaging Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger dan Skype. WebCam juga bisa digunakan juga untuk mengambil gambar dan mengedit gambar di komputer, memonitor keadaan sekeliling kantor/ rumah dan Interactive video game.
WebCam (singkatan dari web camera ) merupakan jenis kamera yang ditujukan untuk kebutuhan layanan berbasis web, seperti program instant messaging Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger dan Skype. WebCam juga bisa digunakan juga untuk mengambil gambar dan mengedit gambar di komputer, memonitor keadaan sekeliling kantor/ rumah dan Interactive video game.
2.
Peripheral Output
a.
MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil
pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau
monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang
hitam). Sekarang monitor semuanya sudah berwarna dan beresolusi tinggi,
sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
Monitor juga sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT
Monitor (berbentuk tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi
terbaru sekarang sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD
Monitor. Daya yang digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga
bervariasi dari kecil sampai besar.
Jenis lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yang dilengkapi
dengan teknologi untuk bisa menangkap sentuhan dilayar, jadi pemakai semakin
dimanjakan untuk bisa mengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus,
misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untuk menampilkan
informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakai cukup menyentuh layar monitor
saja, tanpa perlu menggunakan keyboard atau mouse.
b. Printer
Salah satu
alat output komputer yang penting adalah printer, merupakan
perangkat hardware eksternal, yang mengambil data dari komputer yang telah
diproses untuk menghasilkan data berupa hard copy. Setelah monitor, printer
adalah perangkat yang paling sering digunakan pada komputer dan umumnya
digunakan untuk mencetak data teks, gambar, dll. Ada tiga jenis Printer yang
yaitu ink jet, printer laser dan dot matrix. Masing-masing jenis printer
tersebut menggunakan teknologi yang berbeda dalam pencetakan data
c. Plotter
Plotter, seperti
juga printer mencetak berupa hard copy dari desain digital yang diberikan.
Desain dikirim ke plotter melalui kartu grafis dan gambar dibuat dengan
menggunakan pena. Dengan kata sederhana, plotter pada dasarnya menggambar
menggunakan serangkaian garis lurus. Alat output komputer jenis ini sering
digunakan untuk aplikasi teknik.
3. Peripheral
Storage
a.
USB flash drive
adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini
biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.
PerNovember 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada
dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari
teknologi memori kilat yang digunakan.
Penggerak kilat USB memiliki banyak
kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopiatau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan
kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki
bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun Penggerak kilat USB juga memiliki
umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak
kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan
tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD
berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya
benar.
b. CD/DVD ROM DRIVE
CD-ROM (dieja /ˌsiːˌdiːˈrɒm/, merupakan akronim dari compact disc read-only memory, bahasa Indonesia: CD Memori Baca-Saja) adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran
data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
CD-ROM bersifat "baca-saja"
(hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM,
alat utama yang diperlukan adalah kandar CD. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD
dapat ditulisi berulang kali (Re-Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
c. External harddisk drive
Hard drive adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram
keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram
keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter)
dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan
kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya
selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai
3 TB dengan
ukuran standar 3,5 inci.
Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung
lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan
hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). Dalam sebuah
cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar
kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara
fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang
sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam
perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal)
dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
d. Disk Drive
Disk storage atau penyimpanan disc adalah
kategori umum dari penyimpanan komputer mekanisme, di mana data dicatat pada
planar, bulat dan berputar permukaan (disk, cakram, atau piring). Sebuah disk
drive adalah perangkat periferal yang digunakan untuk merekam dan mengambil
informasi. Implementasi utama adalah hard disk,, floppy disk dan optical disk.
Dewasa ini istilah penyimpanan disk hampir secara eksklusif mengacu pada hard
disk penyimpanan.
Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data blok. Setiap disk logis dibagi ke dalam blok . Blok semua ditangani menggunakan alamat blok logis. Membaca atau menulis ke disk terjadi pada rincian dari blok.
Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data blok. Setiap disk logis dibagi ke dalam blok . Blok semua ditangani menggunakan alamat blok logis. Membaca atau menulis ke disk terjadi pada rincian dari blok.
4.
Peripheral Input/Output
a.
Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal
informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan,
sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal
informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima
sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan
penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang
disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya,
namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar
berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat
diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan
melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal
analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada
komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
b.
NIC
Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah
sebuah kartu yang berfungsi sebagai
jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang
beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang
bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya;
sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.
Disebut juga sebagai Network
Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat
statis atau dapat diubah oleh pengguna.
NIC Fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat
ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa
kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke
dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa
kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralelatau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna
yang mobile).
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
·
Kartu NIC
dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu
NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya
adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
·
Kartu NIC
dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang
membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan
yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring,
serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang
berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100
Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel
dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di
atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP
Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio
(jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan
menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang
dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), ataumemory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada
kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum
dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat
ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan
menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang
mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan.
Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik
(voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan
(khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan
radio/jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses
sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal
tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah
bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima.
Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung,
diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang
diinstalasikan dalam sistem operasi.
6 Comments
Thank's gan
ReplyDeletemantap broo
ReplyDeletePerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
ReplyDeleteJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
makasih banyak sudahs hare min
ReplyDeletepower supply hp
Mantap
ReplyDeleteMakasih udah share info ini ya, bermanfaat.
ReplyDeleteDitunggu kunjungan baliknya ke Web Saya ya : https://www.agres.id/ atau cek di https://linktr.ee/agres.id